5 Tips untukmu yang Merasa Berantakan Saat Tak Berdekatan dengannya

Ampuh atasi rasa ketergantungan pada pasangan

Menjalin hubungan percintaan dengan seseorang, pasti akan ada rasa ingin selalu berada di sampingnya. Perasaan ini memang wajar. Tapi jika sudah berlebihan hingga kamu kerap merasa berantakan saat tak berdekatan dengannya, maka ini adalah tanda-tanda ketergantungan pada pasangan mulai muncul di dalam dirimu.

Ketergantungan padanya, tentu bukanlah hal yang baik. Sebab, kamu dan dia harus memiliki ruang pribadi meski kalian menjalani hubungan asmara. Hubungan romantis, tak mengharuskan setiap pasangan untuk selalu berada dalam satu kesempatan dan waktu yang sama.

Atasi rasa ketergantunganmu padanya supaya gak mengganggu aktivitas masing-masing. Berikut beberapa tips untuk kamu yang merasa semakin berantakan ketika berjauhan dengan pasangan. Yuk, simak dan pelajari ya.

1. Fokus pada tujuan yang ingin kamu dapatkan 

5 Tips untukmu yang Merasa Berantakan Saat Tak Berdekatan dengannyailustrasi fokus bekerja (pexels.com/cottonbro)

Bersama dengan kekasih hati, memang sesuatu yang menyenangkan. Namun, jika kamu selalu menghabiskan waktu bersamanya, maka itu gak hanya mengganggu dia saja, tapi aktivitasmu pun ikut terbengkalai nanti. Tujuan yang ingin kamu dapatkan pun, bisa menjadi terabaikan.

Maka, jika selama ini kamu sudah merasa semakin berantakan saat tak berdekatan, cobalah kembalikan fokus hidupmu pada apa yang ingin kamu tuju di masa depan nanti. Jangan sampai kisah percintaanmu menjadi penghambat kemajuanmu dalam meraih cita-cita impian.

2. Mulai biasakan diri untuk gak bertemu setiap hari 

5 Tips untukmu yang Merasa Berantakan Saat Tak Berdekatan dengannyailustrasi orang berjalan sambil tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagi kalian yang selama ini hampir setiap hari bertemu, cobalah untuk menguranginya. Hal ini bukan karena untuk menjauhinya. Namun, untuk membantumu agar bisa mengendalikan diri dan gak selalu bergantung dengan keberadaannya. Sebab, setiap orang pasti punya kesibukannya masing-masing.

Jika suatu saat pasanganmu benar-benar sibuk dengan pekerjaan atau hal lainnya, hingga gak ada waktu untuk bertemu dalam beberapa hari, maka ketika kamu sudah terbiasa menjalani aktivitas sendiri, kamu gak akan merasa berantakan saat berjauhan dengannya.

Menjaga jarak dalam sebuah hubungan asmara, tak selamanya berakibat buruk. Justru, bisa meningkatkan kualitas hubungan, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Orang yang Egois Belum Siap Berkomitmen dalam Hubungan

3. Bertemulah dan nikmati kebersamaan bersama teman 

5 Tips untukmu yang Merasa Berantakan Saat Tak Berdekatan dengannyailustrasi hangout bersama teman (pexels.com/Pavel Danilyuk)
dm-player

Terus merasa tak terkendali saat sedang tak berada di sisinya? Tenang, kan kamu masih memiliki teman-teman. Ajaklah mereka untuk bertemu dan nikmatilah momen kebersamaan dengan teman-temanmu. Kalian bisa berjalan-jalan ke tempat yang indah, saling bercerita, atau melakukan kegiatan yang kalian suka.

Hal ini mampu mengalihkan fokus perhatianmu pada pasangan yang saat ini sedang gak ada di dekatmu. Kehadiran teman-teman memang mampu menghilangkan rasa kesepian, di saat kekasih hati sedang berada jauh dari sisi. Dengan begitu, kamu gak akan kebingungan hingga berantakan lagi sebab kebersamaan dengan teman juga dapat memberikan kebahagiaan.

4. Sibukkan dirimu 

5 Tips untukmu yang Merasa Berantakan Saat Tak Berdekatan dengannyailustrasi orang melakukan hobi (pexels.com/Mark Rigby)

Ketika pasangan sedang berada di tempat yang jauh untuk beberapa waktu dan teman-teman juga sedang memiliki kesibukannya sendiri, supaya kamu gak berantakan, cobalah untuk mencari kesibukan yang positif. Kehidupan ini sangat menyenangkan. Jangan habiskan waktumu dalam kesendirian dengan rasa sepi yang menyayat hati.

Jika ada beberapa pekerjaan yang belum berhasil kamu selesaikan, itu bisa menjadi kesibukan yang positif untuk kamu lakukan. Atau, jika kamu sedang ingin merasa tenang, cobalah lakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya, menjalankan hobi-hobimu.

5. Kendalikan diri untuk gak bersikap posesif padanya 

5 Tips untukmu yang Merasa Berantakan Saat Tak Berdekatan dengannyailustrasi bertelepon (pexels.com/Katie E)

Merasa berantakan saat tak berdekatan dengan pasangan, itu tandanya kamu mulai ketergantungan terhadapnya. Jika terus dibiarkan dan gak segera kamu atasi, maka sikap yang kamu tunjukkan nanti bisa mengarah ke posesif. Agar hal tersebut gak sampai terjadi, berusahalah untuk mengendalikan diri.

Kontrol emosimu, jangan pernah bersikap posesif padanya. Hal ini malah akan memperburuk hubungan, apalagi sekarang kamu dan pasangan sedang gak bersama. Berhati-hatilah dalam bersikap agar gak menimbulkan kesalahpahaman.

Bersikap posesif hanya akan membuat suasana semakin gak kondusif. Kamu malah akan semakin berantakan nantinya. Maka, bersikaplah biasa dan sewajarnya saja, serta pertahankan pikiran positifmu terhadapnya.

Pahami apa yang sebenarnya kamu butuhkan dalam hidup ini. Ketika kamu tahu dan paham tentang itu, maka saat kalian sedang gak bisa berdekatan, kamu gak akan merasa berantakan, ketergantungan, hingga hilang arah dan tujuan. Terapkan kelima tips di atas, jalanilah hubungan cinta yang berkualitas.

Kendali dan kebahagiaan diri, tetap berada di tanganmu sendiri. Jika saat ini jarak dan waktu sedang memisahkan kalian, itu bukan berarti kalian benar-benar terpisah secara hati.

Jaga pola pikir agar selalu positif, serta tingkatkan kepercayaan pada pasangan. Hubungan asmara itu menyenangkan, apa pun situasi dan kondisinya. Gak akan pernah membuatmu berantakan, asalkan dijalani dengan penuh kedewasaan dan kemandirian.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Tahu Love Language Satu Sama Lain dalam Hubungan 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya