Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!

#IniKampusku Di kampus aja ada nisan kuburan...

Konon katanya, setiap bangunan besar dan berumur memiliki cerita-cerita mistis dibaliknya. Begitu pula dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Universitas yang terletak di Solo, Jawa Tengah ini ternyata dibangun di atas tanah bekas kuburan. Hmm, pastinya dengan fakta tersebut, ada banyak cerita mistis di sana. Apa saja? Simak deh!

Dibangun di atas tanah bekas kuburan

Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!JOGLOSEMAR.CO

UNS dibangun di atas tanah seluas kurang lebih mencapai 60 hektar. Dulunya daerah ini digunakan sebagai tempat pemakaman yang dikelilingi rawa-rawa. Saat proses pembangunan, sebagian makam dipindahkan ke daerah Karanganyar dan Ngoresan lalu sebagian lagi dipindahkan ke daerah Tawangmangu.

Dalam proses pembangunan beberapa gedung yang berada di UNS, sampai memakan banyak korban jiwa seperti pembangunan gedung Perpustakaan yang memakan 5 orang pekerja, begitu juga pembangunan gedung Auditorium yang mengorbankan 6 orang pekerja, entah itu karena ulah makhluk halus ataupun karena kesalahan pekerja itu sendiri sewaktu bekerja.

Ada makam yang masih tertinggal di berbagai fakultas

Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!hipwee

Selain sudah ditpindahkan dibeberapa lokasi, namun masih terdapat beberapa makam yang tidak dipindahkan dan diantaranya terdapat di FKIP, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Sastra, Fakultas Pertanian, dan daerah bukit kendil.

Makam di FKIP adalah makan yang paling sering "mengganggu"

Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!UNS

Terdapatnya makam-makam tersebut ada yang mengganggu, dan ada pula yang tidak. Sebuah makam yang sering mengganggu adalah makan yang berada di FKIP dan di dekat patung biru yang berada di dekat vihara, disana sering terjadi kecelakaan.

Misteri bukit kendil

Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!hipwee

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Bukit Kendil terletak di belakang gedung Argobudoyo dimana di situ masih terdapat satu kuburan milik pangeran keraton. Bukit yang terletak tidak jauh dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran tersebut terkenal dengan adanya penampakan sebuah Kereta Kuda Kencana beserta para kusirnya.

Di sampingnya, tidak jauh dari Bukit Kendil, terdapat makam Nyah Rewel, makam yang pertama kali berada di UNS dan paling terkenal. Konon, sering terjadi penampakan seorang wanita berambut panjang terurai ke bawah yang diyakini sebagai Nyah Rewel. Kabarnya, makam tersebut masih ada hingga sekarang lantaran tak bisa dibongkar meskipun dengan alat-alat berat.

Kejadian horor di Fakultas Kedokteran UNS

Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!Tribun Solo

Penulis merasa di setiap Fakultas Kedokteran tentu menyimpan cerita mistisnya sendiri. Begitu pula UNS. Seorang dosen di dalam ruang anatomi menemukan sebuah mayat yang direndam di dalam air tiba-tiba bangun dengan sendirinya.

Ada pula sosok hantu laki-laki paruh baya yang sering terlihat di sekitaran Fakultas Kedokteran. Diduga, dia adalah mayat yang tidak terima lantaran tubuhnya digunakan untuk praktik mahasiswa Kedokteran. Kalau kamu yang mengalami sendiri, bagaimana ya?

Cerita satpam bunuh diri di Fakultas Teknik UNS

Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!UNS

Konon ada seorang satpam yang bunuh diri di gedung I lantai dasar di ruang WS perempuan. Sampai sekarang ruangan tersebut tidak pernah dimasuki oleh orang dan selalu terkunci kecuali seorang satpam yang bekerja menggantikan satpam yang telah meninggal tersebut.

Ia bernadzar akan selalu menengok dan membuka pintu dari ruangan yang digunakan untuk bunuh diri tersebut. Pada suatu hari, satpam tersebut lupa akan nadzarnya, lalu pada malam harinya ia didatangi arwah satpam yang bunuh diri tersebut. Hiii..

Banyak cerita mistis di Fakultas Hukum UNS

Dibangun di Atas Bekas Makam, UNS Punya 7 Cerita Mistis Ini!Tribun Solo

DI lantai dasar gedung I FH pernah terdengar seseorang yang sedang mandi di tengah malam dan dua orang anak kecil yang bermain di tempat wudhu, bahkan seorang satpam pernah bertatap muka dengan pocong di halaman gedung II.

Seorang perempuan setengah badan berambut panjang naik ke lantai II gedung I, lalu pada malam hari pernah terjadi di dalam ruangan kuliah tersebut berisikan makhluk halus yang sedang melakukan proses perkuliahan, sedangkan di lantai III ada makhluk halus berbentuk buto ijo. Fakultas ini angker karena gedung-gedung Fakultas Hukum UNS berada di atas tanah tinggi dan memiliki bangunan yang paling tinggi di antara fakultas lainnya.

Punya cerita mistis lainnya di UNS? Comment, ya!

jcnd Photo Verified Writer jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya