Ini Dia 5 Dongeng Terlaris Hans Christian Andersen di Dunia

Mana nih yang jadi favoritmu?

Hans Christian Andersen adalah pria berkebangsaan Denmark yang lahir tanggal 2 April 1805. Beliau dikenal sebagai bapak dongeng sedunia karena karya-karyanya yang fenomenal. Kamu pasti juga sering mendengar dongeng-dongeng tersebut waktu masih kecil.

Seluruh karya Hans Christian Andersen dikenal sederhana namun sarat nilai kehidupan sehingga banyak orang tua yang memilihnya sebagai dongeng sebelum tidur bagi sang anak. Beberapa karya beliau juga telah diadaptasi oleh Disney Pictures menjadi film-film yang populer. Misalnya Frozen, The Little Mermaid, dan banyak lagi.

Dilansir dari laman Ranker.com, berikut adalah lima dongeng terpopuler sepanjang masa karya Hans Christian Andersen. 

1. The Ugly Duckling.

Ini Dia 5 Dongeng Terlaris Hans Christian Andersen di Duniahttps://fineartamerica.com

Bercerita tentang seekor bebek yang berbeda dengan saudara-saudaranya. Ia terlahir dengan bulu yang jelek sehingga menjadi rendah diri dan tidak diterima dalam pergaulan. Namun ternyata, si bebek jelek tersebut adalah seekor angsa. Pantas saja ia berbeda dengan kawanannya selama ini. The Ugly Duckling tentang pencarian jati diri dan agar tidak merasa rendah karena penampilan kita.

Kamu sudah pernah membacanya?

2. The Little Match Girl.

Ini Dia 5 Dongeng Terlaris Hans Christian Andersen di Duniahttps://www.nrm.org

The Little Mtch Girl adalah dongeng yang menyedihkan. Mengisahkan tentang seorang gadis kecil yang kedinginan dan hampir meninggal. Ia hanya memiliki korek api di sampingnya. Sambil menyalakan api, ia bermimpi tentang beberapa indah sebelum esok paginya si gadis kecil ditemukan meninggal. Membacanya akan mengingatkan setiap orang tentang mimpi-mimpi indah setiap anak kecil.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. The Steadfast Tin Soldier.

Ini Dia 5 Dongeng Terlaris Hans Christian Andersen di Duniahttp://www.youtube.com

Kisah cinta yang antara boneka prajurit dengan boneka balerina. Dikisahkan ada kekuatan jahat yang ingin memisahkan mereka. Namun, si boneka prajurit terus berjuang untuk tetap bisa bersama si balerina. Ia jatuh ke jalanan, mengarungi sungai, dan masuk ke dalam perapian. Pada akhir cerita, ia dan si balerina hangus bersama menjadi abu yang berbentuk sebuah hati.

4. Thumbelina.

Ini Dia 5 Dongeng Terlaris Hans Christian Andersen di Duniahttps://www.pinterest.com

Thumbelina adalah kisah yang indah. Seorang perempuan yang muncul dari sekuntum bunga yang cantik. Dongeng ini mengisahkan perjalanan Thumbelina mengarungi dunia yang baru dan kemudian menikah dengan pangeran tampan.

Dalam versi Hans Christian Andersen juga dikisahkan bahwa sejak awal ada seekor burung yang jatuh cinta pada Thumbelina. Sayang sekali, cintanya harus bertepuk sebelah tangan setelah Thumbelina menikah dengan sang pangeran.

5. The Emperor's New Clothes.

Ini Dia 5 Dongeng Terlaris Hans Christian Andersen di Duniahttps://www.tes.com

Ini adalah dongeng tentang seorang raja yang hanya memerhatikan penampilan. Suatu hari, ia ditipu oleh dua orang penjahit yang menjanjikan sebuah gaun menawan. Gaun tersebut tidak bisa dilihat oleh orang bodoh, begitu kata mereka. Sang raja pun berjalan dengan telanjang di hadapan rakyatnya yang ternyata juga enggan berkomentar karena takut dianggap bodoh. Dongeng ini mengajarkan setiap orang untuk selalu berpikir rasional dan menunjukkan betapa bahaya menjadi orang bodoh.

Itulah lima dongeng terpopuler dari Hans Christian Andersen. Adakah salah satu di antaranya dongeng favoritmu?

Desy Photo Verified Writer Desy

Professional writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya