Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negara

Di Jepang bukunya sampai terbagi jadi 11 lho!

Tahun 2017 lalu merupakan penanda 20 tahun sudah lamanya bagi buku karya J.K. Rowling,-  Harry Potter telah menemani dan menginspirasi jutaan orang dengan sihirnya. Sebagai bentuk apresiasi akan buku seri terpopuler di seluruh dunia ini, berbagai penerbit kembali menerbitkan novel sihir Harry Potter dalam berbagai sampul dengan ilustrasi yang baru dan keren. Termasuk salah satunya di Indonesia yang kini akhirnya memiliki versi ilustrasi sampulnya sendiri.

Hal ini tentunya mendapatkan respon yang tinggi dari Potterhead di Indonesia. Tapi selain versi Indonesia yang sudah bertebaran di berbagai toko buku nusantara, di beberapa negara lainnya juga punya lho versi sampul mereka sendiri. Dan ilustrasi sampulnya gak kalah menarik dari versi originalnya.

Ini dia 14 macam ilustrasi sampul buku Harry Potter dari berbagai negara. Adakah yang jadi favoritmu?

1. Harry Potter edisi Jerman

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negarahttp://www.cityam.com

Harry Potter edisi Jerman ini punya persamaan di setiap sampulnya yaitu gambar wajah Harry di bagian terdepan sementara dibelakangnya adalah latar adegan dalam buku. Salah satu hal yang menarik dari sampul ini adalah nama depan pengarang J.K. Rowling yang saat diterbitkan sama sekali tidak disingkat seperti pada umumnya, dan ditulis Joanne K. Rowling

2. Harry Potter edisi Prancis

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai NegaraAlan Jocard/AFP/Getty Images

Kalau dalam edisi Prancis ini, persamaan terletak pada baju yang dikenakan Harry. selalu berwarna hitam khas jubah sekolah sihir Hogwarts. Kecuali di seri terakhir dimana Harry Potter tengah mengenakan jaket merah. Satu hal lagi yang menarik terletak pada beberapa gambar sampul bukunya yang memiliki gambar penuh (menyambung depan belakang) sehingga menciptakan ilustrasi yang menarik.

3. Harry Potter edisi Spanyol

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai NegaraSAMUEL SÁNCHEZ/El Pais

Kalau diperhatikan dengan seksama, dalam edisi Spanyol ini postur tubuh atau wajah Harry Potter ternyata tidak pernah meghadap atau menatap kedepan ya. Ilustrasinya menarik dan ga kalah bagus dari yang lain. Terlebih buku Harry Potter versi Spanyol ini juga hadir dalam edisi hardcover.

4. Harry Potter edisi Ukraina

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negaraababahalamaha.com.ua

Harry Potter edisi Ukraina ini punya ilustrasi gambar para karakternya yang dibuat hampir menyerupai wajah para pemain filmnya. Selain itu persamaan terjadi pada sampul buku 1 sampai 4 di mana Harry Potter selalu digambarkan tengah terbang.

5. Harry Potter edisi Finlandia

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negarawww.graphicsbuzz.com

Ada satu hal yang paling jelas ada di semua gambar sampul Harry Potter edisi Finlandia ini. Yaitu adalah persamaan baju Harry Potter dan karakter lainnya yang mengenakan baju dengan garis seperti syal berwarna biru dan kuning. 

6. Harry Potter edisi Italia

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negarawww.scaffalebasso.it

Desain sampul buku edisi Italia ini ga kalah menariknya dengan sampul dari negara lain. Terutama karena di sampul edisi inilah untuk pertama kalinya Harry Potter terbang naik buku.

7. Harry Potter edisi Belanda

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negaramoviepilot.com/Karly Rayner

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Warna warna yang cenderung gelap dipilih untuk menghiasi sampul buku Harry Potter edisi Belanda ini. Kesan berbeda lebih terasa dari sampul edisi ini dibandingkan dengan edisi lainnya. Selain di Belanda, edisi ini juga terbit di negara Belgia.

8. Harry Potter edisi Swedia

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai NegaraClaudio Besciani/TT/svt.se

Ilustrasi sampul terakhir edisi Swedia ini terlihat sangat keren dan cocok untuk menggambarkan kesan gelap dan pertarungan yang dihadapi di buku terakhir.

9. Harry Potter edisi Denmark

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai NegaraBrian Bergmann/www.bt.dk

Harry Potter edisi Denmark ini memiliki gambar ilustrasi yang lebih dewasa, gelap, dan cenderung menakutkan. Namun rupanya, penerbit di Denmark  telah menerbitkan tiga kali buku Harry Potter dengan 3 desain berbeda. Meski ilustrasi terbitan kedua memiliki persamaan dengan terbitan pertama.

10. Harry Potter edisi China

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negarablog.sina.com.cn/Luo Xi Chuan

Ilustrasi sampul versi China yang satu ini merupakan terbitan edisi spesial yang dijual dalam box set. Dalam edisi ini, gambar karakter utama Harry Potter hanya digambarkan kecil  dan digantikan oleh karakter lainnya yang muncul pada seri masing-masing.

11. Harry Potter edisi Jepang

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negarawww.pottermania.jp

Hanya di edisi Jepang inilah buku Harry Potter sampai terbagi menjadi 11 buku. Lantaran ketebalan pada buku ke 4 sampai dengan 7, maka mulai seri 4 sampai 7 dibagi menjadi dua bagian dan masing-masing memiliki gambar ilustrasi yang berbeda. 

12. Harry Potter edisi Indonesia

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negaratwitter.com/ @pdini

Mulai Tahun 2017 lalu Indonesia memiliki ilustrasi sampulnya sendiri untuk novel Harry Potter. Dan sampul baru ini, tidak hanya menuai decak kagum dari potterhead Indonesia, tapi juga mancanegara. Keunikannya tidak hanya terletak pada gambar yang dipenuhi berbagai karakter di setiap seri, namun juga pada punggung buku yang akan membentuk gambar ilustrasi jika semua seri disatukan.

13. Harry Potter edisi Inggris

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai NegaraAndreas Rentz/Getty Images

Harry Potter edisi Inggris ini  menjadi yang pertama dibuat. Tentunya karena sang pengarang berasal dari sana. Dan bisa dibilang edisi ini kini menjadi edisi yang langka dan paling banyak dicari. Terbitan awal dari edisi ini bahkan menyentuh nilai yang fantastis lantaran diburu oleh banyak kolektor.

14. Harry Potter edisi Amerika

Unik, Begini 14 Ilustrasi Sampul Buku Harry Potter dari Berbagai Negarawww.theodysseyonline.com

Harry Potter edisi Amerika ini dijuluki sebagai edisi original lantaran edisi inilah yang paling banyak digunakan di berbagai negara dan juga yang paling dikenal luas. Sebelum menerbitkan sampul ilustrasi terbaru, Indonesia juga menggunakan sampul yang satu ini.

Apakah kamu mengoleksi semua seri buku Harry Potter dari berbagai negara tersebut?

 

 

Calledasia Lakawa Photo Verified Writer Calledasia Lakawa

Broken crayons still color

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya