Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017

#Replay2017 Kamu sudah baca yang mana?

Seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, buku dapat mengajari kita banyak hal. Gak heran kalau diantara kita senang membaca buku dan mengoleksinya di rumah. Mulai dari nonfiksi, novel dengan berbagai genre, dan yang lainnya.

Sepanjang tahun 2017 ini ternyata banyak lho novel terpopuler yang menemani santai kita. Mau tahu novel-novel apa saja?

1. Bintang - Tere Liye.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017https://2.bp.blogspot.com/

Novel bergenre fantasi ini ternyata mampu membius pembaca. Tere Liye memang pengarang yang selalu bisa meluluhkan para penikmat novelnya. Novel bintang ini merupakan seri dari novel "Bumi", "Bulan", dan "Matahari". Novel ini menceritakan tiga orang sahabat bernama Raib, Seli dan Ali, mereka melakukan petualangan fantasi. 

"Tapi itulah masalah besar klan ini. Semua orang memutuskan tidak peduli, mengurus masalah masing-masing, dan berharap hidup bahagia. Semua orang membiarkan kejahatan merajalela, membiarkan sekelompok orang mengenakan topeng seolah baik, pahlawan, padahal sangat buruk"— Bintang, Tere Liye.

2. Anak Rantau - Ahmad Fuadi.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017liputan6.com

Penulis yang berhasil dengan buku "Negeri 5 Menara" ini kembali sukses dengan novel terbarunya yang berjudul "Anak Rantau". Fuadi mengangkat cerita tentang seorang remaja bernama Donwori Bihepi (Hepi) yang sering bolos sekolah. Akhirnya, ayahnya menitipkan Hepi ke rumah kakek dan neneknya di  Kampung Tanjung Durian. Di sanalah, banyak pelajaran hidup yang akhirnya di dapatkannya.

"Bagaimana sedih dan merasa terbuang itu melemahkan. Bagaimana terlalu berharap kepada manusia dan makhluk itu mengecewakan. Jadi, kalau merasa ditinggalkan, jangan sedih. Kita akan selalu ditemani dan ditemukan oleh yang lebih penting dari semua ini.

Resapkan ini: kita tak akan ditinggalkan Tuhan. Jangan takut sewaktu menjadi orang terbuang. Takutlah pada kita yang membuang waktu. Kita tidak dibuang, kita yang merasa dibuang. Kita tidak ditinggalkan, kita yang merasa ditinggalkan. Ini hanya soal bagaimana kita memberi terjemah pada nasib kita." — Anak Rantau - Ahmad Fuadi

3. Origin - Dan Brown.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017instagram.com/tzinaki85/

Novel terbaru dari penulis kontroversial Dan Brown akhirnya rilis di tahun 2017. Novel berjudul "Origin" ini masih mengusung tokoh utamanya yakni, Robert Langdon - profesor simbologi dan ikonologi agama Universitas Harvard. Menceritakan tentang Edmond Kirsch, seorang miliuner dan Futuris yang mengungkapkan suatu terobosan mengenai eksistensi manusia.

Seperti novel terdahulunya, Langdon masih mengikuti jejak-jejak tersembunyi dalam karya seni modern dan beragam simbol misterius yang harus dipecahkannya. Ini, nih novel Dan Brown yang paling ditunggu-tunggu para pembaca. Kamu juga?

 

4. Bidadari Bermata Bening - Habiburrahman El-Shirazy.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017bukuilmu.com

Habiburrahman El-Shirazy penulis novel romance yang mengususng novel islami ini mengeluarkan buku terbarunya "Bidadari Bermata Bening". Menceritakan dua insan yang saling memendam cinta, Ayna dan Gus Afif. Cerita yang sederhana namun memiliki konflik yang pelik. 

"Benamkan dulu kepalamu di lautan, jika engkau menunggu dengan sabar niscaya engkau akan mendapatkan mutiaramu." — Bidadari Bermata Bening - Habiburrahman El-Shirazy

5. Rentang Kisah - Gita Savitri Devi.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017https://s2.bukalapak.com/
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Gita Savitri Devi yang dikenal karena konten vloggernya di Youtube, akhirnya meluncurkan buku perdananya di tahun 2017 ini yang berjudul "Rentang Kisah". Buku ini menceritakan kehidupan seorang Gita sebagai mahasiswa yang harus hidup mandiri selama kuliah di Jerman. Selain itu, buku ini juga banyak menceritakan kisah inspiratif seorang Gita Savitri Devi.

6. Konspirasi Alam Semesta - Fiersa Besari.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017https://pbs.twimg.com/

Buku yang lahir dari musisi dan penulis Fiersa Besari ini bisa dibilang cukup populer di media sosial. Kutipan-kutipannya bisa ditemui hampir di semua media sosial. “Konspirasi Alam Semesta” merupakan album musik yang pernah ia rilis pada tahun 2015, yang kemudian dipadupadankan dengan naskah hingga akhirnya dilahirkan kembali dalam bentuk buku pada tahun 2017. 

"Kadang 'rasa' hanya untuk dinikmati dalam kesendirian, dengan setumpuk harapan." — Konspirasi Alam Semesta - Fiersa Besari

 

7. The Sun and Her Flowers - Rupi Kaur.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017https://78.media.tumblr.com/

Penulis "Milk and Honey" terlaris New York Times ini mengeluarkan buku terbarunya di tahun 2017. "The Sun and Her Flowers" ini sebuah buku berbentuk puisi yang menggambarkan tentang dinamika perjalanan yang transenden mengenai pertumbuhan dan penyembuhan diri.

Selain itu, buku ini juga menampilkan illustrasi-illustrasi yang dibuat oleh Rupi Kaur sendiri. Buku ini cocok untuk kalian yang butuh motivasi dan inspirasi.

8. City Lite: Satu Ruang - Aqessa Aninda.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017https://img20.jd.id/

Buku fiksi yang terbit pada 12 Juli ini merupakan buku kedua dari penulis Aqessa Aninda. Menceritakan tentang kisah klasik di antara 4 orang yang saling mencari, ada 3 pintu hati yang terketuk, 2 orang yang kehilangan dan terjebak dengan bayangan masa lalu, serta 1 pertanyaan tentang berbagi ruang. 

9. Sirkus Pohon - Andrea Hirata.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017wetanngulon.blogspot.co.id/

Dua tahun sudah tidak merilis buku, akhirnya di tahun 2017 ini Andrea Hirata kembali dengan novel terbarunya yang berjudul "Sirkus Pohon". Berkisah tentang seseorang yang baru saja menyadari kemampuan terpendamnya. Serta manusia-manusia yang tidak sempurna namun memiliki kebijaksanaan dalam diri mereka.

10. Origami Hati - Boy Candra.

Inilah 10 Novel Terpopuler di Tahun 2017https://scontent-lax3-1.cdninstagram.com/

Boy Candra masih mengusung tema percintaan untuk novel "Origami Hati". Mengisahkan tentang Aruna yang dirundung rasa kecewa akibat pengkhianatan. Novel ini terbilang salah satu novel populernya di tahun 2017. 

"Rasa benciku kini menggunung. Rasa sakitku tak dapat ditahan. Rasa kecewa atas sebuah pengkianatan. Rasa sesal. Semuanya menumpuk menjadi satu. Semuanya bercampur aduk. Ingin segera melupakannya. Tapi, cinta tak semudah itu pergi dari hati. Aku putuskan untuk mengabadikan kenangan ini, melalui origami hati dalam botol. Tapi aku sadar, kalau suatu saat, aku akan didatangi kenangan itu. Bahkan, saat aku tak siap sekalipun." — Origami Hati - Boy Candra

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya